Cara Backup Aplikasi Android Menjadi File APK ke PC

Membackup aplikasi akan memudahkan kita saat memerlukannya untuk install ulang. Dengan begitu kita tidak perlu repot lagi buat mendownloadnya dan membuang data internet. Ada berbagai cara untuk membackup aplikasi Android, salah satunya dengan menyimpan file APK ke PC maupun kartu SD.

Di sini admin akan membahas bagaimana cara membackup aplikasi Android menjadi file APK ke PC menggunakan aplikasi SHAREit yang dikenal sebagai aplikasi untuk berbagi file dengan cepat baik untuk sesama ponsel maupun ke PC atau komputer, tetapi selain itu kita juga bisa membackup aplikasi.
Cara Backup Aplikasi Android Menjadi File APK ke PC
Untuk dapat terhubung antara SHAREit satu dengan lainnya menggunakan jaringan wifi tetapi disarankan Anda mematikan data terlebih dahulu, karena dalam prakteknya tidak diperlukan data internet.

Pertama-tama silahkan nyalakan aplikasinya pada ponsel, begitu juga pada PC atau laptop. Untuk di PC minimal menggunakan SHAREit v4.0. Selengkapnya simak caranya berikut ini:

Menghubungkan dan mengirim via SHAREit
1. Pada aplikasi PC klik Tampilkan Kode QR.
tampilkan kode qr
2. Pada ponsel klik tombol Kirim. Lalu pilih file Aplikasi (Anda bisa mengirim lebih dari satu 3. sekaligus) dan klik Kirim.

3. Selanjutnya klik Sambungkan ke PC. Jika ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa sambungan PC telah berubah klik saja Jalankan.

4. Selanjutnya klik Pindai untuk Koneksi.

pindai untuk koneksi

5. Selaraskan kode QR ke dalam bingkai pada ponsel untuk dipindai, jika sudah oke secara otomatis akan tersambung dan file terkirim (Untuk perangkat iOS atau Windows Phone, sebelum melakukan pemindaian diharapkan bergabung dengan jaringan yang sama dengan PC). Setelah selesai maka akan muncul tulisan berhasil pada masing-masing icon aplikasi.


transfer apk berhasil

Mengetahui folder penyimpanan file APK
1. Pada versi PC, file akan terlihat di Riwayat. Jika belum muncul klik saja kata Riwayat (H).

riwayat transfer apk

2. Arahkan pointer mouse pada file apk lalu klik lingkaran dengan titik tiga horizontal.

3. Pilih Buka Folder Isi (F), untuk melihat folder penyimpanan SHAREit pada laptop Anda. Jika tidak sesuai, Anda bisa memindahkan pada tempat lainnya dengan cara Cut-Paste maupun Copy-Paste ke folder di drive lainnya sesuai keinginan bahkan ke kartu SD.

file apk di pc

Itulah ulasan admin kali ini tentang bagaimana cara backup aplikasi Android menjadi file APK menggunakan aplikasi SHAREit. Tentunya mudah untuk dipraktekkan, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Memperbarui Aplikasi dan Game Pada Android