Cara Memperbarui Aplikasi dan Game Pada Android

Memperbarui Apps dan Game - Aplikasi dan game yang ada pada smartphone Android biasanya memiliki versi yang berbeda-beda. Adapun pembaruan versi terbaru terkadang tidak ada pemberitahuan muncul, tetapi untuk sebagian memang ada juga yang menyertakan notifikasi bahwa sudah ada versi terbaru untuk diperbaharui saat kita membuka aplikasi atau game tersebut. Hal tersebut mungkin juga karena pengaturan pada perangkat yang tidak menginginkan adanya notifikasi.

Anda sebenarnya Anda bisa senantiasa memeriksa apabila ada aplikasi atau game telah memiliki versi terbarunya. Dalam hal ini pastikan bahwa perangkat Anda bisa terhubung ke internet baik menggunakan data seluler maupun terhubung ke wifi atau hotspot. Buat Anda yang belum tahu cara memperbaharuinya, silahkan ikuti caranya berikut ini:

Memperbarui Aplikasi dan Game di Play Store

1. Buka aplikasi Google Play Store.

2. Buka menu lalu pilih Aplikasi & Game > klik lagi Aplikasi & Game saya.
Aplikasi dan game saya
3. Berikutnya pilih menu Terpasang, jika ada versi terbaru maka pada bagian Pembaruan akan tersedia berbagai aplikasi dan game yang ada pada perangkat Anda dengan label pembaruan. Pada Play Store terbaru tersedia juga ukuran dari masing-masing aplikasi maupun game.
Aplikasi dan game terpasang
4. Jika ingin memperbaharui semuanya tinggal klik Perbarui semua, tetapi jika ingin satu per satu maka Anda harus mengklik satu per satu juga untuk memperbaharuinya.

5. Sebelum mendownload versi terbarunya, beberapa aplikasi ada yang meminta izin khusus tambahan saat akan diperbarui dan ada pula yang tidak. Untuk melanjutkan klik saja Terima dan tunggu hingga proses download selesai.

Memperbaharui Aplikasi dan Game Otomatis

Anda juga bisa menggunakan fitur perbarui secara otomatis dengan cara:

1. Buka aplikasi Google Play Store.
2. Buka menu > lalu Setelan.
3. Pada kolom Umum paling atas klik perbarui aplikasi secara otomatis.
4. Pilih opsi yang diinginkan, seperti perbarui secara otomatis kapan saja (mungkin dikenakan biaya data), perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi, atau pilihan terakhir jangan perbarui aplikasi secara otomatis.

Pada setelan ini Anda juga bisa menyalakan notifikasi  dengan mencentang apabila ada pembaruan aplikasi tersedia atau aplikasi diperbarui secara otomatis.

Itulah beberapa cara dalam memperbarui aplikasi dan game yang ada pada perangkat Android secara manual serta pengaturan lainnya berhubungan dengan pembaruan.