Apa Arti SEO (Search Engine Optimization)?

Deloiz.com - SEO atau search engine optimization adalah cara yang dapat dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan ke situs web tertentu melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO yang utama adalah supaya situs web menempati peringkat teratas atau berada pada halaman pertama pada hasil pencarian berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu yang diketikkan. Secara logika, situs web yang berada di halaman utama akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan trafik.
Search Engine Optimization
SEO
Jadi tidak heran kalau saat ini muncul perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang internet dengan menjanjikan bisa menjadikan situs web kliennya berada di nomor satu. Menggunakan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.

Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan berguna untuk pemilih situs web Sebelum belajar lebih jauh tentang SEO, kita perlu mengetahui tentang sebenarnya bagaimana cara mesin pencari misalnya Google dapat menampilkan hasil yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari.

SEO untuk Blogging
Sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mengoptimalkan, maka sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun tanpa menggunakan SEO pun bisa saja situs web Anda memiliki peringkat yang bagus dengan catatan memiliki trafik tinggi dan pembaca yang setia. Tetapi, kalau kita tidak mengikuti perkembangan bisa saja terganti dengan situs web lain yang telah menerapkan SEO sehingga lebih disukai oleh mesin pencari. 

Teknik SEO
Ada banyak sekali teknik yang bisa kita terapkan dan ketahui tentang SEO ini dan untuk lebih langkapnya akan admin bahas pada artikel-artikel berikutnya. 

SEO dan SERP
SEO (Search Engine Optimization), berhubungan dengan teknik yang kita lakukan. SERP (Search Engine Result Page), merupakan kedudukan atau hasil dalam mesin pencari. Jadi bisa dikatakan kalau kita menerapkan SEO dengan baik maka hasilnya pun akan baik dan begitu sebaliknya. Karena bisa dikatakan kalau SEO adalah usaha maka SERP adalah hasilnya.