Cara Membuat Blog di Blogger Untuk Pemula

Deloiz - Untuk Anda yang suka menggunakan internet pastinya sudah tidak asing dengan istilah-istilah seperti situs web, website, blog, atau sejenisnya. Pernahkah Anda berfikir untuk memiliki sebuah website atau blog? Jika masih penasaran dan masih bingung bagaimana cara memulainya, berikut akan admin jelaskan bagaimana cara membuat blog dengan mudah.

Ada banyak platform atau disebut sebagai situs yang memberikan layanan membuat blog secara gratis salah satunya yaitu Blogger. Untuk pemula maupun yang sudah profesional, Blogger menjadi pilihan karena mudah untuk dibuat, diatur sesuka hati, dimodifikasi, dan sangat user friendly.

Karena Blogger ini merupakan milik perusahaan internet terbesar di dunia yaitu Google, maka satu hal yang harus Anda miliki yaitu akun gmail. Apabila belum memilikinya, silahkan buat terlebih dahulu. kalau sudah memiliki, ikuti langkah berikutnya.

Cara Membuat Blog

1. Masuk ke situs Blogger.com

2. Silahkan masukkan alamat email dan password yang telah dibuat.

3. Pada Beranda Blogger, Anda akan melihat Blog yang diikuti nama Anda. Pada bagian bawahnya silahkan klik tombol Blog Baru.

4. Pada jendela munculan silahkan isi semua data yang diminta. Lihat gambar dan keterangan:

 cara membuat blog

Keterangan:
  • A. Judul. Isi dengan nama judul untuk blog Anda. Untuk judul ini bebas mau nama apa saja, sesuai dengan yang diinginkan. Kita juga dapat mengganti kapan saja judul tersebut melalui pengaturan, kalau blognya sudah dibuat.
  • B. Alamat. Silahkan isi dengan alamat untuk blog tersebut dengan catatan alamat tersebut masih tersedia. Contoh penulisannya: namaanda.blogspot.com, nama-anda.blogspot.com. Kalau masih tersedia maka akan muncul 'Alamat blog ini tersedia, dilengkapi tanda oke atau centang', tetapi kalau sudah digunakan orang lain maka akan muncul pesan 'Maaf, alamat blog ini tidak tersedia, dilengkapi dengan tanda seru'.
  • C. Template. Karena blognya baru akan dibuat, maka wajib untuk memilih salah satu template yang tersedia. Tetapi kalau tampilannya kurang suka, nanti dapat diganti dengan template lainnya yang lebih keren melalui pengaturan.
  • D. Buat blog! Setelah ketiga poin diatasnya sudah diisi dan dipilih, kemudian klik Buat blog!
5. Selesai, berarti kini Anda sudah memiliki sebuah alamat blog. Iya baru alamatnya saja karena isinya masih kosong. Supaya benar-benar menjadi blog maka mulailah untuk memposting tulisan-tulisan yang sesuai dengan niche blog dan tentunya memiliki manfaat untuk pembaca blog nantinya.

Saat ini admin cukupkan sekian tentang cara membuat blog menggunakan platform Blogger atau Blogspot. Mudah-mudahan berguna untuk yang membutuhkan tutorial diatas, jangan lupa untuk terus belajar dan belajar apabila ingin menjadi seorang Blogger yang sukses. Apabila ada pertanyaan yang berhubungan dengan topik jangan sungkan untuk bertanya.