Cara Membuat Rating Bintang Dihasil Pencarian Google

Deloiz - Apabila Anda suka menggunakan internet dan membuka Google, pastinya pernah melihat situs atau blog yang ada rating bintangnya atau bisa juga disebut sebagai rich snippets. Untuk rich snippets sendiri ada beberapa macam, misalnya rich snippets - people, rich snippets - product, rich snippets - breadcrumbs, rich snippets - reviews, dan sebagainya.

Dengan menampilkan rating bintang tersebut di hasil pencarian Google, mungkin untuk sebagian orang akan terlihat lebih profesional dan unik. Meskipun faktanya adalah buatan sendiri dan ratingnya pun diedit sendiri. Tetapi, ada juga yang menampilkan hasil review, misalnya untuk review product, software, dan lain-lain.
Rating Bintang
Apabila Anda tertarik atau hanya sekedar penasaran ingin mencobanya, silahkan ikuti langkahnya berikut ini:

1. Masuk ke Dasbor Blogger.

2. Pilih Template lalu Edit HTML.

3. Cari kode <data:post.body/> (Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan).

4. Copy paste kode berikut di bawah kode <data:post.body/>:
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
      <div style='margin-top: 30px; font-size: 11px; color:#777;'>
      <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
      <center>Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>;  Ditulis oleh <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>;  Rating Blog: <span itemprop='rating'>5</span> dari 101</center>
      </div>
      </div>
      </b:if>
Ket: Jika ada kode <data:post.body/> lebih dari satu, letakkan saja di bawah semuanya.

5. Klik Simpan Template.

Untuk mengecek berhasil atau tidaknya, Google telah menyiapkan alat pengujinya, yaitu masuk saja ke halaman Rich Snippets Testing Tool. Di halaman tersebut, silahkan masukkan alamat URL blog Anda pada kotak yang bertuliskan www.example.com.

Selanjutnya klik tombol Review, apabila tanda rating bintangnya muncul, berarti Anda sudah berhasil. Tetapi, kalau tanda ratingnya belum muncul mungkin ada kesalahan dalam penempatan kodenya.

Demikian tips dan trik blog dari admin sekarang ini, silahkan bantu share melalui sosial media atau follow kami untuk mendapatkan update terbaru dan apabila kurang mengerti silahkan tinggalkan komentar. Happy Blogging!!!