Pengertian Google Adsense dan Cara Mengoptimalkannya

Google AdSense adalah sebuah program dari Google yang dapat diikuti secara gratis dan mudah bagi semua penayang situs web, baik besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka. Saat ini Google Adsense sudah menjadi jaringan periklanan yang paling populer dan diminati oleh banyak orang juga perusahaan yang memiliki situs web untuk dapat menampilkan iklan Google, sehingga menghasilkan keuntungan.

Keuntungan yang akan didapatkan merupakan pembagian keuntungan dari Google untuk setiap jenis iklan yang diklik oleh pengunjung situs valid. Berdasarkan kebijakannya, Google membagi keuntungannya 68% untuk iklan berdasarkan konten, dan 51% untuk iklan berdasarkan hasil pencarian.

 Google Adsense

Google menggunakan teknologi pencarian internet untuk melayani iklan berdasarkan konten website, lokasi geografis pengguna, dan faktor lainnya. Mereka yang ingin beriklan dengan sistem iklan yang ditargetkan Google dapat mendaftar melalui situs Google AdWords

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik (dikenal dengan PPC - Pay Per Click), Google AdSense menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Berikut adalah salah satu keunggulan Google Adsense:

Mudah Dikostumisasi
  • Tampilan iklan yang muncul di situs dapat disesuaikan supaya sesuai dengan tampilan situs.
  • Tampilan iklan relevan dengan tema situs untuk pengguna dengan penargetan otomatis sesuai pengaturan Google pada masing-masing pengguna.
  • Tersedia berbagai format dan ukuran iklan.

Akses ke iklan Google       
  • Setelah memiliki akun Adsense, Anda tidak perlu mengelola hubungan dengan pengiklan, karena sudah terakses otomatis ke banyak sumber permintaan pengiklan.
  • Lebih banyak pengiklan berarti persaingan untuk memperebutkan ruang iklan Anda, lebih banyak iklan yang relevan, dan iklan untuk semua konten online Anda.

Alat kinerja       
Dengan laporan hasil personalisasi yang mudah, Anda dapat memahami kinerja iklan dan mengidentifikasi peluang untuk berkembang. Misalnya memilih jenis iklan dan ukuran iklan mana yang paling menguntungkan. Terkadang Adsense juga memberikan cara untuk mengoptimalkan pengaturan iklan Anda berdasarkan analisa mereka.

Fitur tambahan    
  • Merupakan tampilan iklan yang dirancang khusus untuk video dan game, dan iklan yang berfungsi baik di desktop maupun perangkat seluler.
  • Integrasi yang lancar dengan DoubleClick for Publishers dan Google Analytics.

Cara Mengoptimalkan
Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mengoptimalkan penempatan sehingga mampu meningkatkan pendapatan Adsense Anda:
  • Tempatkan iklan di atas, di tengah, di bawah artikel, atau di bagian atas sidebar kanan.
  • Buat eksperimen iklan, baik pengaturan unit iklan (Ad unit setting), keseimbangan iklan dan pengalaman pengguna situs Anda (Ad balance), maupun pengatran Allow & block iklan.
  • Gunakan laporan performa iklan untuk mengetahui unit iklan yang paling cocok dan memberikan kontribusi maksimal untuk Anda.
  • Anda juga bisa mencoba fitur Auto ads dan custom search engines.
Jika ingin bergabung sebagai publisher Adsense, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mendaftar Google Adsense dan mendapatkan persetujuan sehingga situs Anda layak untuk menampilkan iklan Adsense. Karena kebijakan dan ketentuan untuk menjadi penerbit Adsense sangat ketat. Untuk lebih lanjutnya akan admin bahas berikutnya, jadi ikuti kami untuk mendapat info terbaru.

Baca juga : Cara Menampilkan Iklan Setelah Paragraf Pertama